5 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui

Bahkan setelah melahirkan, ada beberapa makanan yang dilarang untuk ibu menyusui. Jadi, para ibu tidak hanya harus berhati-hati pada masa kehamilan saja. Apa yang dimakan oleh bunda, baik langsung atau tidak langsung, akan mempengaruhi si bayi melalui ASI. Bukan hanya perkembangan janin saja yang penting. Bayi yang baru lahir rentan terhadap zat-zat berbahaya yang terkandung dalam beberapa makanan berikut.

makanan yang dilarang untuk ibu menyusui

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui

1. Kopi

Meskipun sebagian ibu menjadikan kopi teman terbaiknya pada saat bekerja, sayangnya sang bunda harus rela mengurangi takaran kopi yang dikonsumsi per harinya. Kafein yang ada dalam kopi akan larut pula dalam air susu ibu. Pencernaan mungil si bayi belum memiliki asam yang dibutuhkan untuk mencerna zat ini. Bila kafein menumpuk dalam tubuh bayi, maka si bayi akan lebih rewel dari biasanya dan bahkan mengalami iritasi kulit. Kafein juga menurunkan kadar besi dalam darah. Secara otomatis, si bayi kesayangan juga akan mengalami penurunan jumlah hemoglobin.

2. Coklat

Makanan ini adalah cara ampuh untuk meredakan emosi bagi sebagian besar wanita. Konsumsi harian produk manis ini pun tak tanggung-tanggung: setidaknya satu bar dalam satu hari. Ketika menyusui, kebiasaan ini patut dihindari. Alasannya, tak lain tak bukan adalah karena kandungan theobromine. Zat ini memiliki efek serupa dengan kafein. Jika si ibu merupakan penggemar berat coklat, maka ada baiknya untuk mengurangi jumlah konsumsi produk ini. Takaran maksimal theobromine dalam satu hari adalah 750 gram. Jika lebih dari itu, maka si bayi akan mengalami gangguan tidur dan juga mengeluarkan feses yang lebih cair dari biasanya.

Baca Juga :
– 5 Jenis Makanan untuk Penderita Tipes
– 5 Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil Paling Ampuh
– 5 Dari 1000 Makanan yang Bagus Untuk Ibu Hamil
Cerdas dan Sehat: Makanan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui
– 10 Jenis Makanan Untuk Memperbanyak ASI

3. Makanan Laut

Si ibu harus menghindari makanan ini pada saat menyusui juga. Alasan mendasarnya pun masih tetap sama: kandungan merkuri pada hidangan laut, terutama ikan. Sama seperti masa kehamilan, semua makanan yang dicerna oleh ibu menyusui akan sampai ke bayi. Yang perlu menjadi perhatian adalah kandungan merkuri bisa membuat kerusakan pada sistem syaraf sang buah hati. Jika memungkinkan, hindari mengkonsumsi ikan pedang, ikan hiu dan makarel, terutama yang dipanen di perairan Mexico. Untuk para ibu yang gemar menyantap ikan kalengan, disarankan untuk mengkonsumsi paling banyak dua kaleng dalam seminggu.

4. Minuman Beralkohol

Ketika hamil, para ibu yang sering meminum anggur dan bir perlu perjuangan ekstra untuk mengurangi konsumsi alkohol. Tak heran bila setelah si buah hati lahir, bunda merasakan dorongan yang sangat kuat untuk menikmati satu atau dua gelas wine atau bir. Banyak dokter mengijinkan konsumsi alkohol ini, dengan beberapa catatan khusus. Perlu diketahui bahwa alkohol akan beredar dalam darah dan ASI selama dua jam. Setelah itu, efek memabukkan akan perlahan hilang, dan si ibu bisa mulai menyusui. Jumlah konsumsi aman adalah satu sampai dua kali dalam seminggu.

5. Susu dan Olahan Susu

Kedua produk ini penting untuk menjaga kepadatan tulang sang ibu. Namun, allergen akan masuk ke dalam ASI dan menyebabkan reaksi alergi. Perhatikan tanda-tanda berikut pada bayi: muntah setelah disusui, masalah kulit, dan sulit tidur. Jika hal ini yang terjadi pada bayi setelah ibu mengkonsumsi susu sapi atau produk olahannya, maka si ibu disarankan untuk mengurangi jumlahnya. Berhati-hatilah ketika mengganti susu sapi menjadi susu kedelai. Biasanya, bayi yang alergi pada susu sapi juga memiliki reaksi serupa dengan susu kedelai.

Beberapa makanan favorit para bunda mungkin saja mengandung zat yang tidak diinginkan. Tentu saja hal ini tidak hanya berpengaruh ke pada si ibu, namun juga si buah hati yang baru lahir. Tubuhnya yang ringkih mencoba untuk memperbaiki kerusakan akibat zat-zat asing. Jika kerusakannya pada tingkat sel, bekasnya tak akan terlihat. Namun bila si bayi mengalami alergi, maka kondisi ini akan lebih sulit untuk disembuhkan. Kenalilah makanan yang dilarang untuk ibu menyusui dan cobalah sebisa mungkin untuk menghindarinya.

Baca Juga :
8 Jenis Makanan untuk Penderita Asam Lambung
5 Makanan Untuk Penderita Kolesterol Tinggi
Inilah 5 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil
6 Makanan untuk Darah Rendah
– 5 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *