10 Jenis Makanan Untuk Memperbanyak ASI

Makanan untuk memperbanyak ASI sangat dibutuhkan oleh ibu sesudah melahirkan, terutama ibu yang memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya. Tidak hanya memperbanyak, ibu juga memerlukan makanan untuk meningkatkan kualitas ASI. Dibawah ini adalah 10 jenis makanan yang bisa memperbanyak jumlah ASI yang diproduksi.

Makanan Untuk Memperbanyak ASI

10 Jenis Makanan Untuk Memperbanyak ASI

Pepaya

Tidak hanya buah pepayanya yang baik untuk ibu menyusui, tetapi seluruh bagian dari pohon ini bermanfaat untuk memperbanyak ASI. Pada buah dan bunga pepaya terdapat vitamin A, vitamin C, kalsium, asam folat, dan enzim papain. Enzim tersebut dapat membantu proses pencernaan protein. Selain itu, buah pepaya juga memiliki banyak cairan yang dapat mencukupi kebutuhan cairan ketika memproduksi ASI.

Baca Juga :
8 Jenis Makanan untuk Penderita Asam Lambung
5 Makanan Untuk Penderita Kolesterol Tinggi
Inilah 5 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil
6 Makanan untuk Darah Rendah
– 5 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui

Daun Katuk

Meskipun sudah jarang ditemui atau sulit didapatkan, daun katuk sebenarnya mengandung banyak protein yang dibutuhkan untuk produksi ASI ibu. Ketika sedang menyusui, ibu membutuhkan protein 20 gram lebih banyak dari kebutuhan protein biasanya. Oleh karena itu, dengan kandungan protein yang terdapat pada daun katuk, ibu menyusui dapat memenuhi kebutuhan protein tersebut.

Sup

Sup ayam, sup daging, dan sup ikan adalah jenis-jenis sup yang dapat memperbanyak ASI karena mengandung protein yang baik bagi ibu menyusui. Selain itu, berbagai jenis sayuran yang terdapat pada sup memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk ibu menyusui.

Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung enzim phytoestrogens yang bermanfaat untuk produksi ASI dalam jumlah banyak. Selain itu, kemangi juga dapat menenangkan, mencegah sembelit dan meningkatkan nafsu makan ibu yang sedang menyusui.

Pare

Meskipun memiliki rasa yang pahit, pare ternyata kaya akan nutrisi dan vitamin. Pare memiliki kandungan vitamin K, likopen, fitokimia liutein, dan antioksidan. Terlebih lagi, pare dapat digunakan untuk memperbanyak produksi ASI. Jadi, tidak hanya memperbanyak produksi ASI, pare juga bermanfaat untuk buah hati.

Bayam

Terkenal sebagai makanan penambah zat besi, bayam dapat membantu pembentukan sel darah merah pada ibu menyusui. Selain itu, bayam juga kaya akan vitamin B6 yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, protein, dan berbagai macam mineral. Ditambah lagi bayam mengandung enzim phytoestrogens seperti pada daun kemangi yang berguna untuk menghasilkan ASI.

Oat

Oat adalah jenis gandum kaya serat, zat besi dan kalsium. Untuk mengonsumsinya, ibu dapat mengonsumsinya sebagi bubur dan menambahkan susu, rempah-rempah, kacang-kacangan dan buah-buahan agar nutrisinya semakin lengkap terpenuhi. Dengan begitu maka produksi ASI akan semakin banyak dan sehat.

Sayur Merah

Sayur berwarna merah seperti bit, ubi jalar, bayam merah, sawi merah dan kangkung merah memiliki kandungan kaya akan beta karoten yang baik untuk mata dan dapat memperbanyak ASI. Selain itu, sayuran berwarna merah juga memiliki kandungan asam folat yang baik bagi ibu hamil.

Jagung Manis

Jagung manis memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang dapat digunakan untuk memperbanyak ASI. Bahkan jagung manis dapat memacu produksi ibu yang belum dapat mengeluarkan ASI seusai melahirkan.

Biji Adas

Masyarakat Jawa percaya bahwa biji adas dapat membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Selain itu, ahli medis juga menyatakan bahwa biji adas membantu kolik pada bayi. Biji adas juga kaya akan vitamin C dan sangat baik untuk pencernaan.

Dengan ulasan diatas, ibu menyusui dapat memilih dengan lebih selektif mengenai makanan apa yang baik dikonsumsi. Variasikan makanan untuk memperbanyak ASI di atas dalam menu, dan berikan ASI ekslusif pada bayi Anda.

Baca Juga :
– 5 Jenis Makanan untuk Penderita Tipes
– 5 Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil Paling Ampuh
– 5 Dari 1000 Makanan yang Bagus Untuk Ibu Hamil
Cerdas dan Sehat: Makanan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *