6 Daftar Makanan untuk Darah Rendah yang Perlu Dicoba

Seseorang yang mengalami darah rendah, yang merupakan suatu kondisi tubuh ketika tekanan darah yang dimiliki kurang dari 90/60, perlu mengetahui dan mencoba beberapa makanan untuk darah rendah. Saat tekanan darah rendah, seseorang dapat mengalami perasaan pusing, gelap, melayang, dan hampir pingsan. Berikut adalah berbagai jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi untuk meningkatkan tekanan darah.

makanan untuk darah rendah

Makanan untuk Darah Rendah

1. Garam

Seperti yang telah banyak diketahui, mengonsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan serta memperparah penyakit darah tinggi. Maka, dapat disimpulkan bahwa bagi seseorang yang mengalami darah rendah, garam dapat meningkatkan tekanan darah. Namun juga perlu diperhatikan bahwa tingkat konsumsinya tetap perlu dalam skala kewajaran, karena konsumsi garam berlebihan dapat memberikan dampak buruk bagi jantung. Mengonsumsi garam dapat dilakukan dengan mencampurkannya dalam sup atau makanan lainnya.

2. Serat

Mengonsumsi makanan berserat juga dapat membantu bagi penderita tekanan darah rendah. Hal ini dapat terjadi karena serat dapat mengimbangi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi seperti nasi dan tepung terigu yang biasa dikonsumsi, yang dapat menurunkan tekanan darah secara drastis. Serat memiliki kandungan karbohidrat yang rendah dan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang dimiliki. Kandungan serat dapat ditemukan pada sayuran seperti bayam, sawi, dan brokoli, serta buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, dan pisang.

Baca Juga :
8 Jenis Makanan untuk Penderita Asam Lambung
5 Makanan Untuk Penderita Kolesterol Tinggi
Inilah 5 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil
6 Makanan untuk Darah Rendah
– 5 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui

3. Daging

Daging merah seperti daging sapi dan kambing banyak mengandung protein hewani, zat besi, protein, dan mineral lainnya. Zat-zat ini dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dengan cepat. Selain itu, kandungannya juga dapat menyusun sel-sel darah merah yang diperlukan tubuh. Namun, tingkat konsumsinya perlu diperhatikan karena efek resiko penyakit jantung dapat terjadi jika dikonsumsi berlebihan.

Selain daging merah, alternatif lainnya adalah mengkonsumsi daging ayam, ikan, telur, dan susu. Jenis-jenis ini juga mampu meningkatkan tekanan darah, dengan tingkat kolesterol yang rendah. Selain itu, tingkat protein, kalsium, dan vitaminnya lebih tinggi sehingga relative aman bila dikonsumsi.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan yang berasal dari tumbuhan sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan tekanan darah. Beberapa jenis kacang-kacangan yang sangat dianjurkan diantaranya adalah buncis, kacang almond, kacang hijau, kacang kedelai, kacang merah, dan kacang panjang. Jenis makanan ini mengandung zat besi yang dapat meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah. Selain itu, karena dicerna dalam tubuh secara perlahan oleh sistem pencernaan, hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tetap stabil di angka normal.

5. Madu

Madu sangat baik dikonsumsi karena mengandung berbagai senyawa gula seperti fruktosa dan glukosa, sejumlah mineral, vitamin, dan kandungan baik lainnya yang sangat cocok dikonsumsi bagi penderita tekanan darah rendah. Mengonsumsinya dapat dilakukan secara langsung, dicampurkan ke dalam segelas air, atau mencampurkannya dengan bahan lain seperti susu, jahe, dan lainnya sebagai sebuah minuman.

6. Air Putih

Tidak ada yang menduga bahwa segelas air putih dapat menstabilkan tekanan darah. Nyatanya demikian. Kandungan air dalam tubuh sangat mempengaruhi tekanan darah dan jantung sebagai pemompa darah. Dengan mengonsumsi paling tidak 8-10 gelas air putih setiap harinya, tekanan darah akan selalu stabil.

Dengan mengonsumsi berbagai makanan yang dianjurkan di atas, tekanan darah akan stabil dan kondisi kesehatan tubuh akan terjaga. Namun yang perlu diperhatikan adalah tingkat konsumsinya yang perlu dijaga untuk selalu dalam batas kewajaran. Selain itu, hal ini perlu ditunjang pula dengan menjaga pola hidup sehat lainnya, seperti istirahat yang cukup dan olahraga rutin, Hal ini akan menambah keefektifan makanan untuk darah rendah dalam menjaga tekanan darah yang dimiliki.

Baca Juga :
– 5 Jenis Makanan untuk Penderita Tipes
– 5 Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil Paling Ampuh
– 5 Dari 1000 Makanan yang Bagus Untuk Ibu Hamil
Cerdas dan Sehat: Makanan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui
– 10 Jenis Makanan Untuk Memperbanyak ASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *