Makanan Sehat Penderita Demam Berdarah

makanan sehat penderita demam beradarah

Makanan sehat penderita demam berdarah sangatlah banyak. Tentunya, jenis makanan yang dipilih harus mampu segera memulihkan stamina orang yang sedang terserang demam bedarah. Penderita demam berdarah mempunyai trombosit yang rendah. Oleh karena itu, membutuhkan makanan-makanan yang mempunyai khasiat untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

Penanganan dan Terapi Makanan Sehat Penderita Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan sebuah kondisi medis yang cukup serius, sehingga membutuhkan penanganan yang segera dan tepat. Membawanya ke tenaga medis, bahkan sampai di rawat merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat. Dokter akan memberikan terapi dengan obat-obatan medis yang diperlukan. Selain itu, seorang penderita demam berdarah harus beristirahat secara total, untuk memulihkan kondisinya kembali.

Pemulihan demam berdarah, tidak hanya menggunakan obat-obatan medis. Terapi makanan sehat penderita demam berdarah pun sangat dibutuhkan. Dengan makanan yang tepat, kondisi penderita akan menjadi semakin baik dari waktu ke waktu. Bahkan, untuk menambah trombosit, biasanya memang dengan menggunakan terapi makanan. Di bawah ini, dituliskan beberapa makanan sehat untuk dikonsumsi oleh penderita demam berdarah :

  • Teh dan Jahe
    Kedua minuman ini memang sangat bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan. Teh hangat dan jahe dipercaya mampu mengatasi demam. Dalam teknik pengobatan ayurvedic, sangat disarankan untuk mengkonsumsi teh dan jahe.
  • Buah-buahan
    Salah satu jenis buah yang terkenal untuk mengatasi demam berdarah adalah buah jambu biji merah. Buah ini mempunyai kandungan yang dapat meningkatkan jumlah trombosit secara cepat. Itulah mengapa, penderita demam berdarah sering diberikan jus jambu oleh pihak rumah sakit. Namun ingat, dalam kondisi demam berdara, sebaiknya hindari buah-buahan yang mempunyai rasa masam.
  • Sayuran
    Tidak lengkap rasanya menu makanan sehat untuk orang sakit, tanpa menyertakan sayuran di dalamnya. Sayuran mempunyai manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan. Pengolahan sayuran untuk orang yang sedang demam berdarah, sebaiknya dikukus dan direbus. Jenis sayuran yang baik adalah sayuran hijau.
  • Makanan Rebus
    Makanan-makanan yang keras memang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita demam berdarah. Sebaiknya, makanan yang disajikan untuk penderita demam berdarah adalah makanan yang direbus. Salah satu contoh makanan yang direbus adalah sop.
  • Jus Pepaya dan Daunnya
    Jus pepaya pastinya sangat nikmat untuk dikonsumsi. Selain itu, jus pepaya juga bermanfaat untuk penderita demam berdarah. Dalam pengobatan ayurvedic, biasanya disarankan juga untuk mengkonsumsi jus daun pepaya. Minuman ini dipercaya dapat menjadi obat alami untuk demam berdarah. Namun tentu hal ini harus Anda konsultasikan dengan dokter yang merawat.

Apa Saja Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita DBD?

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa penderita demam berdarah tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Salah dalam mengkonsumsi makanan justru dapat memperparah kondisi medis si penderita. Penderita bisa mengalami kenaikan suhu tubuh (semakin demam) dan juga penurunan jumlah trombosit dalam darah. Seperti yang kita tahu, jika trombosit semakin rendah makan pasien semakin kritis. Hal tersebut sangat bebahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Penderita demam berdarah harus menghindari beberapa jenis makanan berikut :

  • Makanan pedas
  • Makanan terlalu asin
  • Makanan berminyak
  • Makanan asam

mengobati demam berdarah

Jenis makanan-makanan tersebut untuk sementara tidak boleh dikonsumsi, selama belum benar-benar sembuh. Untuk mengetahui lebih detail, bisa ditanyakan langsung kepada ahli gizi di klinik yang merawat pasien. Hal yang sangat pasti, seorang pasien harus mengkonsumsi makanan sehat penderita demam berdarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *