5 Makanan Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Bagi para penderita kolesterol tinggi, jenis-jenis makanan yang dapat dikonsumsi tentunya akan sangat dibatasi. Lalu, apa apa saja kah rekomendasi jenis atau menu makanan untuk penderita kolesterol tinggi? Tentu saja ada banyak jenis makanan yang bermanfaat bagi para penderita kolesterol tinggi guna menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Berikut ini akan dijabarkan beberapa jenis makanan yang dianjurkan.

makanan untuk penderita kolesterol tinggi

Makanan Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

  • Makanan yang Mengandung Kacang Kedelai

Jenis makanan pertama adalah makanan-makanan tertentu yang mengandung kacang kedelai, seperti puding kedelai tanpa gula, kacang edamame, tahu, susu kedelai, dan lain-lain. Kenapa harus kacang kedelai? Tentu saja karena kacang kedelai ini ampuh untuk menurunkan kolesterol, terutama kolesterol di dalam darah. Kandungan protein di dalam kacang kedelai bisa mengurangi kolesterol setidaknya 6% kalau dikonsumsi sebanyak 0.5 ons dalam sehari.

  • Buah dan Sayuran

Tidak perlu dipertanyakan lagi, kalau ingin memiliki pola makan yang sehat dan terhindar dari penyakit kolesterol tinggi maka buah dan sayuran adalah anjuran utama dalam menu makanan sehari-hari. Alasannya, buah dan sayuran merupakan jenis makanan yang mengandung lemak jenuh yang rendah. Jadi, mengonsumsinya akan membuat perut terasa penuh atau lebih kenyang sehingga akan mengurangi potensi mengonsumsi makanan lain dengan kadar lemak jenuh yang lebih tinggi. Buah dan sayuran, seperti brokoli, apel, terung, pir, avokad, dan stroberi akan dengan efektif menurunkan kolesterol.

  • Jelai dan Oat

Alternatif makanan lain yang dapat dikonsumsi para penderita kolesterol tinggi adalah jelai dan oat. Kedua jenis makanan ini ampuh dalam mengikat kolesterol di dalam usus dan mencegah tubuh menyerap kolesterol tersebut. Kenapa bisa begitu? Ternyata, di dalam jelai maupun oat terdapat kandungan serat yang disebut beta glukan. Selain bekerja sebagai pengikat kolesterol di dalam tubuh, zat beta glukan ini tentu saja dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh dengan mengonsumsi jenis makanan ini sekitar 3 gram dalam sehari. Mengonsumsi jenis makanan seperti bubur oat dan jelai dapat dilakukan dengan menjadikan jenis makanan ini sebagai menu sarapan. Oat dan jelai juga dapat dicampur dengan buah pisang untuk menambah kadar serat.

Siapa bilang kalau penderita kolesterol tinggi tidak bisa lagi menyantap menu makanan yang enak? Kalau daging sudah dilarang dari daftar menu makanan penderita kolesterol tinggi, maka alternatif lain adalah dengan mengonsumsi ikan. Jenis-jenis ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel adalah sumber utama minyak Omega 3 dan asam lemak tak jenuh yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. Selain itu, Omega 3 juga berperan dalam meningkatkan kadar kolesterol baik serta menurunkan tekanan darah. Omega 3 yang terkandung di dalam ikan ini juga mengurangi resiko munculnya serangan jantung. Untuk mendapatkan khasiatnya, penderita kolesterol tinggi dianjurkan untuk mengonsumsi jenis-jenis ikan tersebut setidaknya tiga kali dalam seminggu.

  • Kentang

Kentang merupakan jenis ubi jalar yang biasa digunakan untuk jenis makanan pokok maupun makanan tambahan. Namun, tahukah bahwa kentang ternyata memiliki khasiat untuk mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh? Ya, benar sekali. Kentang kaya akan kandungan serat. Kandungan serat ini sangat baik untuk mengatur pencernaan dan mengontrol kolesterol. Namun, perlu diperhatikan bahwa pengolahan kentang untuk mengontrol kadar kolesterol adalah bukan digoreng melainkan direbus atau dikukus. Kentang selain bagus untuk penderita kolesterol ternyata kentang juga bagus sebagai makanan untuk penderita asam lambung.

Melihat banyaknya jenis makanan yang dapat dikonsumsi serta aman bagi para penderita kolesterol tinggi tentu saja sangat melegakan. Pasalnya, para penderita kolesterol tinggi tetap dapat mengonsumsi makanan dengan berbagai variasi. Jenis-jenis makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang telah disebutkan di atas ada memang lebih baik digabungkan atau divariasikan satu sama lain untuk mendapatkan khasiat atau manfaat yang lebih optimal serta mengurangi dan mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh.

Baca Juga :
– 5 Jenis Makanan untuk Penderita Tipes
– 5 Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil Paling Ampuh
– 5 Dari 1000 Makanan yang Bagus Untuk Ibu Hamil
Cerdas dan Sehat: Makanan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui
– 10 Jenis Makanan Untuk Memperbanyak ASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *